Kamis, 30 Juli 2009

World Bank: Korupsi Bukan Hambatan Utama Investasi

Dalam laporan kajian terbarunya tentang Diagnosis Pertumbuhan Aceh, World Bank menyatakan korupsi bukanlah hambatan utama dalam investasi.

Sedangkan yang menjadi hambatan utama adalah sektor listrik, keamanan dan pungutan liar serta pertumbuhan ekonomi yang merata.

Fakta ini disampaikan dalam acara presentasi Diagnosa Pertumbuhan Ekonomi, Rabu (29/7) di Banda Aceh. Diagnosa ini merupakan hasil penelitian World Bank terhadap pelaku ekonomi di Aceh.

Analis ekonomi World Bank, Enrique Blanco mengatakan analisa pada tingkat perusahaan menunjukkan bahwa biaya transaksi (pajak legal dan pungli) berhubungan erat dengan kinerja perusahaan.

“Sedangkan korupsi tidak terlalu berpengaruh dalam konteks investasi dan pertumbuhan,” ujarnya.

Identifikasi hambatan-hambatan yang dilakukan World Bank menunjukan yang menjadi hambatan utama adalah sektor kelistrikan, keamanan dan pungutan liar serta pertumbuhan ekonomi yang merata, jelas Enrique.

Untuk sektor listrik perlu ditinjau kembali strategi harga kelistrikan. Sehingga menarik minat investor energi untuk masuk Aceh,” ujarnya. Selain itu perlu menjaga pasokan listrik dari sistem koneksi Sumatera.

Hambatan sektor keamanan dan pungutan liar dapat direduksi dengan peningkatan kapasitas polisi dan lembaga penegakan hukum. “Perhatian secara khusus daerah konflik penting,” katanya.

Untuk menjaga pertumbuhan ekonomi merata Enrique menjelaskan pertanian dapat dijadikan sebagai sektor andalan sehingga harus memiliki penunjang yang layak.

“Irigasi, akses pasar pertanian, akses permodalan dan keterampilan khusus sangat membantu meningkatkan sektor ini,” tukasnya.

Kajian Diagnosis Pertumbuhan Ekonomi di Aceh merupakan hal yang pertama kali dilakukan World Bank di dunia untuk tingkat provinsi.

“Ini akan terus kita lanjuti dengan replikasi melalui laporan-laporan lainnya,” jelas Enrique Blanco Armas.

Source : www.theglobejournal.com

Comments :

0 komentar to “World Bank: Korupsi Bukan Hambatan Utama Investasi”


Posting Komentar